Tuesday, July 4, 2023

Peran biji rami dalam pencegahan penyakit

 Peran biji rami dalam pencegahan penyakit

Salah satu produk terpopuler dalam daftar nutrisi yang tepat tentunya adalah biji rami yang telah berperan penting dalam kesehatan manusia selama lebih dari 5000 tahun. Hingga saat ini, mereka dinilai sebagai asisten dalam mengurangi risiko kanker payudara dan prostat mesin coffee roaster, namun biji rami kini mulai menonjol dalam meningkatkan kesehatan jantung.

Manfaat kesehatan utama biji rami berasal dari asam lemak omega-3 dalam jumlah besar dan serat tanaman larut dan tidak larut. Minyak biji rami mengandung hampir dua kali lipat jumlah asam lemak omega-3 daripada minyak ikan, tetapi sayangnya, informasi ini mengacu pada asam alfa-linolenat, yang hanya sebagian diubah menjadi asam lemak EPA dan DHA yang jauh lebih penting di dalam tubuh (yang dapat ditemukan dalam ikan dan makanan laut). Di sisi lain, biji rami adalah sumber lignan yang paling umum. Komponen ini adalah senyawa berserat yang memiliki efek estrogenik ringan dan oleh karena itu dianggap sebagai fitoestrogen. Mereka dapat memakan reseptor estrogen dan dengan demikian mengurangi efek estrogen pada tumor payudara atau prostat (tumor payudara dan prostat adalah tumor yang bergantung pada estrogen). Lignan juga meningkatkan produksi senyawa SHBG, yaitu globulin pengikat hormon. Protein ini mengatur kadar estrogen dengan mengikatnya ke dirinya sendiri dan mengirimkannya ke darah.

Konsumsi biji rami juga dapat menurunkan tekanan darah. Dalam studi double-blind yang dilakukan di Pusat Penelitian di Rumah Sakit St. Boniface di Winnipeg, Kanada, konsumsi 30 g biji rami per hari menurunkan tekanan sistolik rata-rata 15 mm Hg, sedangkan tekanan diastolik lebih rendah rata-rata 7 mm. Hg pada pasien dengan hipertensi.

Studi kedua berkaitan dengan penilaian efek biji rami pada penurunan kolesterol pada pasien dengan penyakit arteri perifer yang signifikan secara klinis. Setelah satu bulan konsumsi 30g biji rami bubuk per hari, konsentrasi LDL yang bersirkulasi menurun 15%.

Sebagian besar penelitian yang dilakukan berfokus pada penggunaan biji rami bubuk karena bentuk ini memungkinkan pelepasan senyawa bermanfaat lebih mudah dibandingkan dengan mengonsumsi biji utuh. Saat membeli biji rami, disarankan untuk membeli biji utuh yang kemudian dapat digiling di rumah sesuai kebutuhan (ini mengurangi kemungkinan oksidasi dan pembusukan). Anda bisa menambahkan biji rami ke sereal, smoothie, yogurt atau tepung rami Anda bisa menyiapkan roti, kue kering, kue, tortilla.

Selain itu, kain pembersih serat kayu juga ramah lingkungan dan berfungsi sebagai pembersih yang efektif untuk pencegahan penyakit.

No comments:

Post a Comment